Jepang Juga Disadap AS

Baharshare - Negara-negara Asia, tak terkecuali Jepang Juga Disadap AS, termasuk dalam aktivitas mata-mata Amerika Serikat (AS).

Seperti dikutip dari NHK, seorang pejabat AS mengungkapkan, negaranya sudah lama memiliki aliansi rahasia yang dikenal dengan nama 'Five Eyes' bersama Inggris, Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

Aliansi tersebut didasarkan pada berbagi informasi intelijen, serta sebuah kesepakatan untuk tidak saling memata-matai satu sama lain.

Menurut pejabat itu, negara-negara yang beraliansi, termasuk Jepang Juga Disadap AS dan Jerman, selama ini menjadi sasaran program pemantauan AS.

Sang pejabat menambahkan, fasilitas pengumpulan informasi intelijen berada di pangkalan-pangkalan militer dan kedutaan-kedutaan besar AS di seluruh dunia.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan, aktivitas mata-mata AS sudah terlalu jauh dalam sejumlah kasus, dan AS memastikan hal ini tidak akan terjadi lagi di masa mendatang.

Dalam sebuah konferensi video pada Kamis lalu di London, Kerry menyampaikan bahwa beberapa aktivitas penyadapan AS tidak pantas, namun ia tidak memberikan keterangan selengkapnya.

Kerry menekankan, sejumlah serangan teror berhasil dicegah melalui pengumpulan informasi intelijen AS.

Presiden AS Barack Obama, menurut Kerry, tengah melakukan kajian menyeluruh agar tidak ada negara yang akan merasa dilecehkan.

sumber terpercaya : tribunnews.com

5 komentar:

  1. waduh kok main sadap sadapan sih? pengen nyipta'in perang dunia lagi ya?

    ReplyDelete
  2. makasih beritanya sobat!
    -keep blogging-

    ReplyDelete
  3. Wahh..wahh dari sadap bsa jadi perang dunia nh..

    ReplyDelete