Cara Wildan Meretes situs Presiden SBY


Hola sahabat Blogger Baharshare , kali ini saya punya artikel yang bisa di bilang ekslusif bagi para hacker yaitu Cara Wildan Meretes situs Presiden SBY. Nah siapa yang tidak tau dengan yang namanya Wildan yang sempat meramaikan tv , koran bahkan internet dengan meretes situs presiden SBY.
Nah pingin tau bagaimana wildan melakukanya , langsung aja mblo di baca artikel dari yahoo berikut.


Wildan Yani Ashari alias Yayan tak ubahnya mereka yang memiliki hobi menggunakan kecanggihan teknologi informasi. Pemuda kelahiran Balung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, 18 Juni 1992, itu biasa menyalurkan kemampuannya di Warung Internet (Warnet) Surya.Com di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Kebonsari, Jember.

Wildan bukan pakar teknologi informatika. Dia lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Balung 2011 jurusan teknik bangunan. Namun pekerjaannya sebagai penjaga sekaligus teknisi di Warnet CV Surya Infotama milik saudara sepupunya, Adi Kurniawan, membuat Wildan mengenal lika-liku internet. Wildan pun memilih tidak melanjutkan pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi.

Kamis kemarin, 11 April 2013, Wildan mulai menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jember. Dia bukan terdakwa biasa. Wildan menjadi pesakitan karena meretas situs pribadi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, http://www.presidensby.info.

Seperti dipaparkan tim Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Jember, Wildan melakukan aksinya di Warnet tersebut pada pertengahan 2012 hingga 8 Januari 2013.

Bermodalkan perangkat komputer billing yang biasa digunakannya sebagai penerima bayaran dari para pengguna internet, Wildan yang menggunakan nickname MJL007 mulai mengutak-atik laman www.jatirejanetwork.com dengan IP address 210.247.249.58.

Laman www.jatirejanetwork.com yang dikelola Eman Sulaiman bergerak di bidang jasa pelayanan domain hosting. Wildan yang biasa dipanggil Yayan mencari celah keamanan di laman itu. Kemudian melakukan SQL Injection atau Injeksi SQL, teknologi yang biasa digunakan para peretas atau hacker agar bisa mendapatkan akses ke basis data di dalam sistem.

Wildan lantas menanamkan backdoor berupa tools (software) berbasiskan bahasa pemrograman PHP yang bernama wso.php (web sell by orb). Dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi, dengan mekanisme backdoor yang ditanamkannya, hacker bisa melakukan compromise, yakni melakukan bypass atau menerobos sistem keamanan komputer yang diserang tanpa diketahui oleh pemiliknya.

Wildan pun mengutak-atik laman www.techscape.co.id yang memiliki IP address 202.155.61.121 dan menemukan celah keamanan. Wildan berhasil meretas server yang dikelola CV. Techscape itu dan memasuki aplikasi WebHost Manager Complete Solution (WMCS) pada direktori my.techscape.co.id.
Pada November 2012, Wildan mulai mengakses laman www.jatirejanetwork.com yang telah diretasnya. Menjalankan aplikasi backdoor yang telah dia tanam sebelumnya, Wildan menggunakan perintah command linux: cat/home/tech/www/my/configuration/.php, hingga akhirnya berhasil mendapatkan username dan kata kunci dari basis data WHMCS yang dikelola CV. Techscape.

Setelah itu, anak bungsu pasangan Ali Jakfar- Sri Hariyati itu menjalankan program WHMKiller dari laman www.jatirejanetwork.com untuk mendapat username dan kata kunci dari setiap domain name yang ada. Dia pun memilih domain dengan username: root, dan password: b4p4kg4nt3ngTIGA dengan port number: 2086.
Dengan username dan kata kunci tersebut, Wildan lantas menanamkan pula backdoor di server www.techscape.co.id, pada pukul 04.58.31 WIB pada 16 November 2012.

Agar backdoor tersebut tidak diketahui admin, Wildan merubah nama tools menjadi domain.php dan ditempatkan pada subdirektori my.techscape.co.id/feeds/, sehingga Wildan bisa leluasa mengakses server www.techscape.com melalui URL: my.techscape.co.id/feeds/domain.php. "Untuk mengakses itu, dia sudah memiliki password yayan123," kata salah seorang anggota JPU, Lusiana.

Kemudian pada 8 Januari 2013 Wildan mengakses laman www.enom.com, sebuah laman yang merupakan domain registrar www. techscape.co.id, hingga berhasil melakukan log in ke akun techscape di domain registrar eNom. Inc yang bermarkas di Amerika Serikat. Dari situlah Wildan mendapatkan informasi tentang Domain Name Server (DNS) laman www.presidensby.info.

Setidaknya ada empat informasi penting berupa data Administrative Domain/Nameserver yang dia dapatkan dari laman pribadi Presiden SBY itu, yakni Sahi7879.earth.orderbox-dns.com, Sahi7876.mars.orderbox-dns.com, Sahi7879.venus.orderbox-dns.com, dan Sahi7876.mercuri.orderbox-dns.com.

Wildan lantas mengubah keempat data tersebut menjadi id1.jatirejanetwork.com dan id2.jatirejanetwork.com. Selanjutnya pada pukul 22.45 WIB, Wildan menggunakan akun tersebut (lewat WHM jatirejanetwork), sehingga dapat membuat akun domain www.presidensby.info dan menempatkan sebuah file HTML Jember Hacker Team pada server www.jaterjahost.com. "Sehingga ketika pemilik user interne tidak dapat mengakses laman www.presidensby.info yang sebenarnya, akan tetapi yang terakses adalah tampilan file HTML Jember Hacker Team," ujar Lusiana pula.

Ulah Wildan tercium Tim Subdit IT dan Cybercrime Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Mabes Polri yang mendapat laporan terjadinya gangguan pada laman Presiden SBY. Setelah melakukan penyelidikan, diketahui bahwa aksi illegal DNS redirection dilakukan MJL007 dari warnet yang dijaga Wildan. Akhirnya Wildan ditangkap pada 25 Januari 2013, sekitar pukul 23.00 WIB.

sumber terpecaya : yahoo.com

32 komentar:

  1. Nice Info Sob =))

    Comback : http://bit-seo.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. wah canggih juga ya gan bisa kaya gitu :D

    ReplyDelete
  3. Nice post bro :D
    comment back: http://syakur-xp.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. sadis dah + iseng.. :D #OpFreeWildan..

    ReplyDelete
  5. ane kira dia pake webdav gan wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aju juga mikir pake HAvij wakwakwkawk :)

      Delete
    2. emang dia pake havij ,,tpi gk tau dia pake teknik yg mana ,sqli ,sqlmap ,sqli helper ,dll

      Delete
  6. kalau diambil postif nya wildan ini,bisa dijadikan inspirasi ,...
    tapi,,jangan yang negatifnya yg ditiru,..
    hhe...

    ReplyDelete
  7. wildan nih ada2 aja, ngehack punya sebeye kan jadi kena batunya :D

    yah semoga hukumannya ndak berat :) aamiin

    ReplyDelete
  8. nice share kakak , MJL007 sudah tak berdaya lagi krna pemerintah indonesia :D

    ReplyDelete
  9. wah keren ni i nfonya :)

    terima kasih

    comeback

    ReplyDelete
  10. saya ndak ngerti begituan :3
    hekel ini adminnya

    ReplyDelete
  11. nice info sob,,,

    ane juga org jember nih, semoga wildan cepet dibebaskan

    mmpir juga sob
    http://cheater-arsid.blogspot.com
    http://awhnymous.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. mampir sejenak, mumpung tinggal satu kota sama wildan ^_^

    ReplyDelete
  13. hebat ya..sayang yg diretas situs pribadi milik orang no 1 indonesia.

    ReplyDelete
  14. hebat nih, situs presiden bisa di retas

    ReplyDelete
  15. nice post gan :) keren juga tuh mas wildan (y)

    ReplyDelete
  16. waw keren ya yayan :)
    perlu di pertahankan untuk menjaga keamanan tuh :v

    ReplyDelete
  17. kren gan , tapi sayang di pake buat ngerugiin orang

    ReplyDelete
  18. Hebat banget tu orang bisa meretas situs Pak SBY (y)

    ReplyDelete
  19. Hebat bener nih orang. Dia punya banyak ilmu.

    ReplyDelete
  20. emang hebat benar yah nih orang, kapan ya ane bsa kayak gitu xD

    ReplyDelete
  21. wah mantaps ni gan... sedikit ganya saya ngerti...hehhe walaupun masih newbie bngt...heheheh
    ni kunjungan baliknya gan..
    http://brothernfriends.blogspot.com

    ReplyDelete
  22. this is endonesa.. ada yang punya bakat, malah ditangkap.. padahal kalo dibiayai untuk belajar, bisa jadi aset ya..

    ReplyDelete
  23. Membobol website negara ternyata cukup sulit juga harusnya wildan di rekrut menjadi anggota ketahanan negara dan dijadikan salah satu anggota I.T dalam bidangnya wildan mungkin bisa bekerja untuk negara. Bukannya di penjara dia kan masih anak anak -__-

    ReplyDelete
  24. Seharusnya anak bangsa yang cerdas seperti itu harus di berdayakan sob, kok malah dipenjara?. Paling-tidak dia diberi pendidikan karakter terlebih dahulu kemudian dijadikan staff khusus presiden bidang IT, tujuannya untuk memajukan IT di Indonesia :)

    ReplyDelete