Sleep Apnea Picu Kematian Mendadak


Pagiii semua sahabat baharshare , oke saya mau bagi artikel Sleep Apnea Picu Kematian Mendadak. Nah lo ngeri juga tuh judulnya, oke tanpa banyak omongan langsung saja baca artikel ini karena saya sendiri juga belum tau tentang ini , hehehe.

Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan tertutupnya saluran pernapasan yang dapat menurunkan kadar oksigen tubuh dan meningkatkan tekanan darah.

Sewaktu kita tidur seluruh otot tubuh akan rileks, termasuk pangkal lidah yang akan jatuh ke belakang dan menutup jalan napas. Biasanya hal ini terjadi pada orang yang sering tidur terlentang. Hal ini juga yang menyebabkan orang tidur mendengkur.

Periode sleep apnea biasanya terjadi selama 10 detik. Jika penghentian napas terjadi lebih dari 10 detik, hal ini bisa mengakibatkan penurunan kadar oksigen sebanyak 4% dalam darah, sehingga secara langsung menyebabkan pengurangan transfer oksigen dan mengganggu fungsi organ tubuh.

Penyebab Sleep Apnea
Berikut beberapa hal yang dapat memicu sleep apnea, di antaranya:
  • Overweight atau kelebihan berat badan
  • Tidur terlentang sehingga lidah jatuh dan menutupu saluran napas
  • Saluran napas yang sempit akibat penumpukan lemak
  • Amandel yang membesar, dan masih banyak lagi.
Wanita Berisiko Tinggi dibandingkan Pria
Berdasarkan studi yang baru-baru ini dilaporkan secara online dalam Sleep Journal, wanita yang mengalami sleep apnea berisiko lebih tinggi mengalami kerusakan otak dibandingkan pria yang menderita sleep apnea.

Para peneliti dari University of California Los Angeles (UCLA) mengamati partisipan yang menderita sleep apnea baik pria maupun wanita. Peneliti memfokuskan penelitian pada perbedaan gangguan otak antara pria dan wanita yang mengalami sleep apnea.

Paul Macey, salah satu peneliti dari UCLA mengatakan bahwa, wanita cenderung mendapat pengaruh yang lebih besar akibat sleep apnea daripada pria. Para wanita berisiko lebih tinggi mengalami kerusakan otak dibandingkan pria yang memiliki gangguan tidur yang sama.

Secara detail, peneliti menyimpulkan bahwa sleep apnea dapat mempengaruhi bagian otak yang digunakan untuk mengambil keputusan dan mengatur mood. Wanita yang mengalami sleep apnea cenderung menunjukkan tingkat depresi yang lebih tinggi. “ Dokter harus mempertimbangkan bahwa sleep apnea mungkin lebih bermasalah pada wanita dan membutuhkan penanganan ekstra,” tambah Macey.

Dampak Sleep Apnea bagi Kesehatan
Pada dasarnya sleep apnea adalah gangguan tidur biasa, karena hampir setiap orang pernah mengalaminya. Namun, perhatian khusus patut diberikan terhadap gangguan tidur yang satu ini agar tidak berujung pada gangguan kesehatan yang lebih parah.

Pada kasus tertentu, sleep apnea dapat mengakibatkan kerusakan sel-sel tubuh akibat minimnya kadar oksigen dalam tubuh. jika berlangsung dalam waktu lama, sleep apnea dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, depresi, gagal jantung, hingga kematian mendadak.

sumber terpecaya : yahoo.com

49 komentar:

  1. waahhh bahay banget sob... thx infonya sob :)

    ReplyDelete
  2. waduh bahaya ya...makasih sob...sangat bagus nih artikelnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob makasih juga sudah mau berkunjung

      Delete
  3. wah, ternyata ada ya penyakit kayak gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan saya sendiri juga baru tau kok :D

      Delete
  4. mantep bro artikelnya

    blogwalking/

    ReplyDelete
  5. mengerikan...ga selamanya yang namanya tidur itu enak ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan ,, karena semua ada resikonya :D

      Delete
  6. weh sleepnya keren tapi matinya mengerikan gan :(

    ReplyDelete
  7. ternyata yang terancam wanita ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wanita lebih beresiko lebih besar dari pada laki-laki gan

      Delete
  8. wah Info yang sangat bermanfaat ...

    ReplyDelete
  9. Wah baru tau saya gan...
    nice inpo...

    ReplyDelete
  10. siang sob..
    Blogwalking aja nih hehe..

    Kunjungi juga blog ecek2 saya..

    Ada domain gratis lagi nih.

    http://tb4all.blogspot.com/2013/03/domain-gratis-covu-bisa-custom-blogger.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob silahkan ,, makasih sudah mau berkunjung

      Delete
  11. malam sob..nyimak artikel yg bermanfaat ini sob,,
    ,,semoga kita lebih menjaga kesehatan dan memperhtikan cara tidurnya,,
    come back

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan setuju ,, kesehatan itu penting

      Delete
  12. oalah, wanita lebih berpengaruh kalok kena sleep apnea. ckckck
    tp, alhamdulillah sy gk pernah ngalamin kyak gtu, hehehe

    ReplyDelete
  13. wah baru tau saya gan..menambah wawasan...

    ReplyDelete
  14. artikel yang simpel jelas singkat dan bermutu
    terimakasih ya gan sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  15. wah bahaya juga ternyata ya???
    tapi kalo hanya 10 detik saya rasa pria atau wanita masih mampu menahan nafas...
    yang lebih bahaya dari dampak nya ini :(

    ReplyDelete
  16. amat merbahaya....
    kena jaga kesihatan semuaa.. :(

    ReplyDelete
  17. Terima kasih Tuhan, karena sudah bikin tubuh saya normal :)

    ReplyDelete