Kebiasaan yang dapat Merusak Kulit

Kali ini Baharshare akan memberikan artikel Kebiasaan yang dapat Merusak Kulit. Banyak dari sebagian orang yang mempunyai masalah terhadap kulitnya dan Tanpa sadar, beberapa permasalahan kulit berasal dari kebiasaan sehari-hari yang buruk . berikut ini adalah kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak kulit anda :

Malas ganti seprai
Kesannya seperti masalah sepele, tapi tanpa sadar kulit Anda lekat menempel pada seprai dan sarung bantal setiap malam. Saat tidur atau bersantai di tempat tidur, wajah Anda bersentuhan dengan sarung bantal, yang terpapar berbagai kotoran. Kebiasaan sering bersantai di tempat tidur saat pulang dari luar rumah tanpa mencuci muka dan berganti baju juga bisa membawa banyak kuman serta kotoran. Kulit Anda pun mulai iritasi karena serangan kuman dan kotoran yang menempel lekat di wajah saat tidur. Hasilnya, jerawat pun muncul dengan manis.

Alkohol
Minuman beralkohol cepat membuat kulit dehidrasi dan meningkatkan sel yang bisa menimbulkan iritasi dalam aliran darah. Hasilnya lama-lama kulit Anda lebih cepat kehilangan kekenyalannya. Mengurangi atau bahkan menghindari sama sekali konsumsi alkohol merupakan pilihan yang baik dalam menjaga kesehatan kulit Anda.

Telepon seluler
Berbicara terlalu lama di ponsel ternyata juga bisa meningkatkan risiko gangguan kulit. Ponsel yang selalu dibawa kemana-mana mudah terekspos kuman dan bakteri. Selain itu wajah yang terlalu lama menempel pada ponsel bisa menyebabkan gesekan dan panas pada kulit yang berbahaya. Jika Anda memang hobi berbicara lama di telepon sebaiknya gunakan headseat atau perangkat handsfree yang bisa menghindari sentuhan dan gesekan terlalu lama dari ponsel ke kulit.

Begadang
Nongkrong bersama teman hingga larut malam merupakan kegiatan yang menyenangkan. Tapi kalau dibiasakan bisa berisiko menganggu kesehatan kulit Anda. Kurang tidur merupakan sebab berbagai penyakit kulit. Saat kita tidur, kulit melakukan perbaikan sel. Kerusakan kulit akibat aktivitas sehari-hari seperti sinar matahari, polusi, atau lainnya mulai diperbaiki pada malam hari, saat Anda tidur. Menganggu proses ini sama saja menganggu proses perbaikan kulit Anda. Pergantian sel kulit baru pun terganggu, begitu juga aliran darah ke kulit yang bisa membuat kulit bersinar.

Memencet jerawat
Memencet jerawat sering kali dilakukan dengan harapan agar jerawat cepat tuntas. Namun hal ini tentu salah total. Pertama, bakteri di kulit akan masuk ke pori-pori saat Anda memencet jerawat. Hal ini bisa menimbulkan infeksi, dan luka. Kedua, tangan yang tidak bersih dan aktivitas menekan jerawat bisa menimbulkan iritasi dan luka. Akibatnya bekas jerawat sembuh lebih lama 1-2 minggu dari seharusnya. Gunakan obat jerawat yang tepat dan sesuai instruksi. Jika sangat menganggu, konsultasikan ke dokter kulit.

Gerakan mulut
Beberapa gerakan mulut berikut ini dapat memicu keriput dini. Merokok, mengunyah permen karet, dan meminum dengan sedotan. Selain karena gerakan mulut, bukan kabar baru kalau merokok bisa menyebabkan kerusakan kulit. Zat yang ada dalam rokok bisa mempercepat keriput dan merusak kolagen. Terlalu sering minum menggunakan sedotan dan mengunyah permen karet juga kurang baik untuk kulit.

Makanan manis
Manisnya gula tak memiliki efek manis pada kulit. Kadar gula yang tinggi bisa mengganggu jaringan dan kolagen pada kulit sehingga membuatnya lebih rapuh dan mudah berkerut. Kadar gula yang tinggi juga meningkatkan risiko jamur pada kulit yang ditandai dengan kemerahan pada lipatan kulit atau wajah. Hindari atau kurangi sebisa mungkin konsumsi makanan dan minuman dengan gula tinggi seperti minuman soda, permen, es krim, dan lainnya. Beberapa makanan yang juga bisa menghambat penyerapan gula seperti roti putih, nasi putih, dan pasta juga sebaiknya dikurangi.

Melewatkan waktu makan
Melewatkan salah satu waktu makan baik itu sarapan, makan siang, atau makan malam bisa berisiko meningkatkan gangguan kulit. Ketika Anda melewati satu waktu makan maka asupan tubuh berkurang. Akibatnya nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit juga berkurang. Selain itu, risiko kekeringan yang bisa merusak kekenyalan kulit juga meningkat. Jika Anda sedang diet, sebaiknya atur menu Anda bukan melewatkan waktu makan. Konsumsi makanan yang sehat dan hindari makanan yang diproses secara goreng yang tidak sehat dan tinggi kalori.

sumber : yahoo.com

27 komentar:

  1. wduh smuanya ane lakukan hahah komen back y

    ReplyDelete
    Replies
    1. heehe saran ,, cepet rubah kebisaan buruknya sob :D

      Delete
  2. aku yang biasanya jadi kebiasaan itu memencet jerawat .. :D

    ReplyDelete
  3. yg memencet jerawat mas. .haranku sih biar cpet hilang. .eh malah muncul lagi di sebelahnya. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe kalo gitu dibiarin aja gan biar menghilang sendiri :D

      Delete
  4. Waduh Gimana Nih Sob Saya Suka Begadang Dan Telat Makan -_-

    Comback : http://aditmadzs.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di kurangi sob kebiasaan yang itu ,,
      oke siap meluncur ke blogny sob

      Delete
  5. wah mudah" informasinya bermanfaat.makasi atas infonya gan

    ReplyDelete
  6. Wadhuh kbiasa'an ane yang susah ilang thuh Telpon ama Begadang
    trus gmana thuh!!
    Wkwkwk

    KombAck yah gan di http://megantara07.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. wah,,, mantap gan,, coba ak praktekkan ya,, ^_^

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Oh iya gan ,, makasih ya atas kunjunganya dimari :D

      Delete
  9. buseettt.....gw malah udah jadi kebiasaan klo soal gak ganti sprey tiap mo tidur

    thanks peringatannya sob

    ReplyDelete
  10. Nice Post Sob


    Visit And Comment
    zona-dikhy.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya sob siap meluncue ke blog sobat :D

      Delete
  11. wah saya hampir semua kecuali alkohol dan begadang gan

    kunjungi juga
    http://adf.ly/JVgf0

    ReplyDelete
  12. banyak yg terlupakan nh sob soal menjaga kesehatan kulit..
    thnks sob infonya,,
    koment back nya sob http://saktobek.blogspot.com

    ReplyDelete