Aturan Penggunaan Kartu Kredit yang Benar

Kali ini Baharshare akan memberikan artikel Aturan Penggunaan Kartu Kredit yang Benar. Banyak orang yang tau akan adanya Kartu kredit tapi tidak semua orang memilikinya entah karena mereka tidak mampu ataupun takut karena tidak tau aturan-aturan dalam pengunanaan Kartu kredit . ok Baharshare akan memberikan penjelasanya yang saya dapat dari yahoo semoga bermanfaat bagi kita semua.

Kartu kredit adalah kartu pembayaran yang diterbitkan lembaga keuangan atau bank sebagai alat pembayaran. Kartu kredit memperbolehkan pemiliknya membayar barang dan jasa atas kesepakatan bahwa pemilik berjanji akan melunasinya di kemudian hari. Bank penerbit kemudian menentukan batas kredit maksimal yang dapat “dipinjam” untuk berbelanja atau ditarik tunai jika perlu. Dengan kartu kredit, pemilik dimungkinkan menunda pembayaran (berutang), tetapi dengan konsekuensi akan dikenakan bunga.

Cara penggunaan kartu kredit sangatlah mudah. Anda tinggal menyerahkan kartu kredit kepada kasir saat akan membayar sebuah pembelanjaan. Yang terpenting untuk diingat, ketika transaksi pembayaran dilakukan, Anda setuju untuk membayar "utang" tersebut kepada bank penerbit kartu. Hal tersebut ditandai dengan pembubuhan tanda tangan Anda di bukti pembayaran.

Keuntungan kartu kredit yang paling utama adalah kenyamanan. Kenyamanan dapat berarti tidak perlu membawa banyak uang tunai, dan adanya keleluasaan melakukan penundaan pembayaran. Kemudian, biasanya kartu kredit memberikan reward points sebagai dari setiap transaksi yang telah dilakukan, yang nantinya bisa diubah jadi diskon. Kartu kredit juga biasanya menyediakan potongan harga di toko atau restoran tertentu.

Namun saat ini masih saja ada yang terjebak paradigma yang salah tentang kartu kredit sehingga ia terjerat utang berkepanjangan. Agar tak salah langkah, pahami dulu dasar kartu kredit di bawah ini:

  •  Kartu kredit hanyalah alat pembayaran tanpa uang tunai dan untuk menunda pembayaran
  •  Kartu kredit tidak memberikan tambahan uang, sehingga berbelanja harus dibatasi
  •  Kartu kredit bukan pengganti uang tunai, karena setiap kali dipakai harus dibayar sebelum jatuh tempo
  •  Anda akan dikenakan bunga bila hanya membayar tagihan minimum
  •  Kartu kredit bukan alasan untuk terlihat bergaya dan modern. Pemakaiannya disesuaikan dengan kebutuhan.
Setelah paham konsepnya, dibutuhkan langkah bijak dalam penggunaanya. Berikut beberapa tips seputar Aturan penggunaan kartu kredit:
  •  Miliki tujuan yang jelas untuk mempunyai kartu kredit, misalnya sebagai pos dana darurat, untuk membeli kebutuhan liburan (tiket pemesanan hotel atau pesawat), untuk berbelanja online, atau berhemat makan di luar rumah.
  •  Miliki paling banyak dua kartu saja (Visa dan Mastercard). Akan lebih baik dari dua penerbit yang berbeda yang memiliki benefit paling banyak dan bagus.
  •  Batasi pemakaian maksimal 30% dari pemasukan bulanan, sehingga kalau terjadi sesuatu akan sanggup dilunasi.
  •  Lunasi tagihan setiap bulan, jangan hanya membayar nilai minimumnya. Bayarlah sebelum waktu jatuh tempo agar tidak terkena bunga (3,5% per bulan = di atas 40% setahun!) dan denda.
  •  Tarik tunai hanya jika benar-benar terpaksa.
Kartu kredit idealnya digunakan untuk berbelanja bulanan, membayar berbagai tagihan, membayar makan di restoran, pemesanan hotel, rumah sakit, dan lain-lain, dengan catatan Anda sudah memiliki uang untuk melunasinya atau Anda sudah mengetahui dari mana sumber uang untuk melunasinya.

sumber : yahoo.com

26 komentar:

  1. kalo saya masih pake debet mas, soalnya untuk ngajukan KK kan ada limit gaji juga :D pengetahuan baru bagi saya :D

    ReplyDelete
  2. Belum punya kartu kredit gan tapi lumayan jadi sedikit tau tentang kartu kredit

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya gan makasih lo ya atas kunjunganya :D

      Delete
  3. Thx info nya gan ...
    Sangat bermanfaat bagi blogger newbie seperti saya .. ^^.

    ReplyDelete
  4. mikirin utang lagu kalo pakai kartu kredit mas hehe

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. hehe iya gan ,, makasih ya atas kunjunganya :D

      Delete
  6. sayangnya saya belum punya kartu kredit ... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe yah mungkin aja artikel ini dpt membantu agan lebh tau tentang kartu kredit :D

      Delete
  7. boleh untuk persiapan, kl pnya.. :D

    come back..

    ReplyDelete
  8. wahh saya pakai debit card sob,,blm bisa kredt..hehe,,keren artikelnya sob..kommnt back http://saktobek.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. kapan punya kartu kredit yah :(
    kira2 brapa buat kartu kredit gan ???

    ReplyDelete
  10. Kalo ane sih gak punya kartu kredit gan makanya tuh akun paypal ampe skr belum terverivikasi....

    ReplyDelete
  11. mantap gan,,, kalo boleh saran,, tolong buat postingan tentang cara membuat visa dan kartu kredit juga gan ^_^

    ReplyDelete
  12. lumayan nih gan buat tambah pengalaman menggunakan kartu kredit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya gan ,, makasih ya atas kunjunganya

      Delete