Ternyata Urin Bisa Charge Baterai Smartphone

Baharshare - Tim peneliti dari Inggris berhasil menemukan sumber daya energi terbarukan yang tak membutuhkan sumber daya alam sebagai bahan dasarnya Ternyata Urin Bisa Charge Baterai Smartphone. Peneliti menggunakan barang-barang 'sampah' yang sudah tak dipedulikan untuk bahan bakar seperti bangkai lalat, lumpur, dan air seni.

Peter Walters, peneliti dari University of the West of England, yang baru saja menciptakan robot ramah lingkungan generasi keempat, EcoBots, menggunakan urin untuk menjalankan robotnya. "Di masa depan, kami berharap robot-robot bisa dijalankan dengan bahan bakar dari WC umum atau urinal," jelas Walters seperti dikutip LiveScience.

Selama ini Walters dan rekannya selalu membuat robot yang dijalankan dengan bahan bakar bahan-bahan busuk seperti bangkai serangga, lumpur, dan limbah. Tim peneliti menggunakan mikroba yang dapat mengubah bahan-bahan tersebut menjadi sumber listrik. Mikroba yang sering ditemui pada usus manusia atau pembuangan limbah pabrik ini akan mencerna limbah atau urin tersebut dan menghasilkan elektron. Dari elektron itulah sebuah alat bernama sel bahan bakar mikroba mengumpulkan elektron-elektron untuk menjadikannya sumber daya.

Tak hanya robot, para peneliti asal Inggris ini juga telah menguji coba dan terbukti Ternyata Urin Bisa Charge Baterai Smartphone, sel bahan bakar mikroba dapat mengisi daya ponsel pintar dengan bahan bakar air seni.

Sampai saat ini tim masih melakukan berbagai pengembangan pada alat untuk memaksimalkan pengubahan air seni menjadi sumber energi. Tim juga tengah membuat sebuah pompa serta tangki penyimpanan air seni yang tersambung dengan WC umum untuk mengubahnya jadi sumber energi.

Sumber terpercaya : okezone.com

0 komentar:

Post a Comment