Mengatasi Insomnia dengan Air Dingin

Baharshare - Apa yang Anda lakukan ketika mengalami insomnia? Mungkin Anda akan berusaha membuat diri mengantuk dengan menonton acara yang norak di televisi, membaca buku yang membosankan, hingga minum obat tidur.

Tetapi ada cara lain untuk Mengatasi Insomnia dengan Air Dingin. yaitu dengan kompres kepala Anda dengan air dingin.

Para dokter dari University of Pittsburgh School of Medicine melakukan suatu eksperimen untuk mengatasi pasien yang menderita insomnia.
Sebanyak 12 pengidap insomnia primer (yang mengalami kesulitan tidur akibat stres) dan 12 pasien dengan kesehatan yang terkontrol, diberi tudung plastik yang berisi air dingin di kulit kepala dan dahi. Sebab, pengidap insomnia diketahui memiliki aktivitas otak yang lebih tinggi daripada mereka yang tak punya gangguan tidur dengan Mengatasi Insomnia dengan Air Dingin.

Nah, tudung ini rupanya menurunkan suhu prefrontal cortex, bagian otak yang mendorong untuk tidur lelap. Akibatnya, aktivitas otak melambat, dan mendorongnya untuk beristirahat.

Setelah mengenakan tudung khusus tersebut, para pengidap insomnia ini tertidur dengan cepat. Mereka hanya butuh 13 menit untuk tertidur, yang artinya bahkan lebih cepat daripada pasien yang sehat (yang membutuhkan rata-rata 16 menit untuk terlelap). Kedua kelompok responden ini juga menghabiskan 89 persen dari waktu mereka di tempat tidur untuk tertidur lelap.

"Penemuan paling berarti dari studi ini adalah bahwa kita bisa mendapatkan dampak yang menguntungkan bagi penderita insomnia melalui mekanisme yang aman, dan mudah disediakan di rumah," papar Dr Eric Nofzinger, salah satu tim peneliti.

Meskipun demikian, ide memakai headcap berisi air dingin ini mungkin tidak semudah kedengarannya. Misalnya, seberapa dingin suhunya? Selain itu, kebanyakan dari kita tentu merasa tidak nyaman saat menempelkan sesuatu yang dingin pada kepala, apalagi di tempat tidur.

Dalam penelitian dua tahun sebelumnya, para spesialis masalah tidur di Inggris pernah menyarankan cara yang lebih simpel untuk mendinginkan tubuh. Menurut profesor Jim Horne dari Loughborough University, Anda bisa meletakkan kipas angin di samping tempat tidur untuk menghembuskan udara dingin ke arah muka. Begitu darah yang dingin dari pipi mengalir ke jantung, darah akan mengalir sepanjang arteri sambil membawa darah yang lebih hangat ke arah lain dari otak.

"Darah yang lebih dingin memasuki otak, dan menyebabkan tidur yang lebih nyenyak. Anda hanya butuh sedikit hembusan angin ke arah wajah," paparnya.

sumber terpercaya : id.yahoo.com

19 komentar:

  1. masalahnya tudung nya nyari dimana gan, susah keliatannya?

    ReplyDelete
  2. waahh ane juga terkena insomnia :v.

    ReplyDelete
  3. alhamdulilah saya tidak kena penyakit itu :D

    ReplyDelete
  4. bahaya banget nih harus di hindari thanks sob infonya
    sangat bermanfaat banget

    ReplyDelete
  5. baru tau gan cara beginian heheheh :p

    ReplyDelete
  6. klo ane ckup ngeliatin photopack biar insomnianya ilang :v komen back y

    ReplyDelete
  7. untung ane gak punya penyakit insomnia
    btw,, thanks udh share info ini gan

    ReplyDelete
  8. wew keren om,jadi nambah pengetahuan ^_^

    Come Back!

    ReplyDelete
  9. thank gan atas infonya,, ane sering insomnisa, kalau siang hari ane tidur, akhirnya malamnya nggak bisa tidur,,

    koment back www.ankurniawan.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. kalau saya sih cukup keluar bawa motor nyari angin segar..15 menit aja uda ngantuk lagi

    ReplyDelete
  11. biasanya blogger nih yg sering insomnia :v

    ReplyDelete
  12. saya jarang insomnia :)
    eh sebenarna sering juga sih :P

    thanks

    comeback

    ReplyDelete
  13. alhamdulilah saya tidak kena penyakit itu :D

    ReplyDelete
  14. wah nice post sobat..
    sangat bermanfaat :-)
    .
    kunbal>> http://lensaglobe.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. makasih banyak buat infonya...

    ReplyDelete
  16. biasanya gue insomnia nih tp lain cara gue ngatasinya bang ... thx dah sdh share cara lainnya :D


    komenback yeee

    ReplyDelete