Mengklik Mouse Juga Bisa Bakar Kalori


Siang sahabat blogger Baharshare , kali ini saya akan membagikan artikel Mengklik Mouse Juga Bisa Bakar Kalori. wah unik juga kan artikelnya , langsung aja sob di baca artikel berikut.

Bagi orang yang bekerja di depan komputer, kekhawatiran tidak bisa mendapatkan cukup olahraga sering merayap dalam pikiran mereka. Tapi tak perlu khawatir, karena dengan mengklik mouse saja Anda sudah bisa membakar kalori.

Seorang pria dewasa rata-rata harus membakar sekitar 2.000 kalori per hari, sedangkan wanita dewasa harus menggunakan sekitar 1.700 kalori per hari. Angka ini bervariasi sesuai dengan umur, aktivitas dan berat badan seseorang.

Meski tak sebanyak olahraga, melakukan kegiatan sehari-hari seperti mengklik mouse komputer ternyata juga bisa membantu membakar kalori. Lalu berapa banyak kalori yang dibakar?

Selain menyediakan jumlah kalori untuk makanan, 'Convert Anything to Calories' (PHP Science World) yang baru-baru ini telah diterbitkan, juga menghitung jumlah kalori yang dibakar melalui berbagai aktivitas dan peristiwa, di mana Anda dapat menemukan kajian ilmiah untuk jumlah kalori yang digunakan saat mengklik mouse.

Secara teknis dan metode, penulis menghitung bahwa total volume otot-otot yang digunakan untuk menekuk jari telunjuk saat mengklik mouse adalah 10,8 cm kubik dengan berat total 11,7 gram.

Rata-rata, 16,7 micromole ATP (Adenosine triphosphate) dikonsumsi dalam bergerak satu gram otot selama satu detik. Jadi, jumlah total ATP dibakar untuk memindahkan 11,7 gram otot di jari telunjuk adalah sekitar 195 micromole (11,7g × 16,7μ mol/g). Ada 7,3 kalori dalam satu mol ATP energi, sehingga jumlah kalori yang dibakar dalam mengklik mouse setara dengan sekitar 1,42 (7,3/1000 X 195).

Artinya, kurang lebih 1,42 kalori bisa terbakar tiap kali Anda mengklik mouse, seperti dilansir Rocketnews24, Jumat (5/4/2013).

Jumlah ini memang jauh lebih kecil dibandingkan jika Anda benar-benar menggerakkan badan untuk beraktivitas fisik dan olahraga. Namun setidaknya ini memberikan kabar baik bagi Anda yang lebih banyak menghabiskan hari di depan komputer.

Tapi untuk mendapatkan tubuh yang sehat, sebaiknya Anda tetap harus membakar kalori melalui aktivitas fisik. Bagi yang lebih banyak menghabiskan hari di depan komputer, melakukan latihan sederhana juga bisa dilakukan di meja kantor.

sumber terpecaya : detik.com

19 komentar:

  1. waah keren, walau makin bnyak dpan kmpter tp bsa mnurunkan kalori itu jg udh mantap (y)
    #comment back

    ReplyDelete
  2. baru tahu kalo Mengklik Mouse Juga Bisa Bakar Kalori. makasih infonya gan

    ReplyDelete
  3. wah berarti gue selalu bakar kalori kan gue op warnet hahaha

    ReplyDelete
  4. hahahah kalo main PB juga bakar kalori, kemampuan otak juga di pelukan XD

    ReplyDelete
  5. wah kalok bgini mudahnya ntar mau makan, mau mandi, mau pergi ane bkalan sedia mouse buat di klick wkwkwkwk

    ReplyDelete
  6. Wahh setiap beberapa detik sekali ane selalu bakar2an kalori dong yah wkwk

    thanks gan........... :)

    sukses selalu

    ReplyDelete
  7. laptop kan ada mouse nya, itu termasuk bakar kalori gak?

    ReplyDelete
  8. hihihihi baru tau saya kalu menklik klik mouse PC bisa membakar 1,42 kalori,

    ReplyDelete
  9. Berarti klo maen game online juga membakar kalori dong..hehe

    ReplyDelete
  10. waahhh mantab sob,,cuma kalau sering2 klik moue sambil main komputer ada efek sampinya sob,,yaitu mata sob,,gmn kalau klik mouse aja sob tanpa harus menghidupkan komputer..??apa juga bisa..??klu emang bisa saya mau dh klik2 mouse tiap hari.hidup mouse,, ^_^ hahaha

    ReplyDelete
  11. artikel yang sangat bermanfaat gan..
    ane baca yang lain dulu ^^

    ReplyDelete
  12. wah baru tau saya gan ,, wkwk mantap..

    ReplyDelete
  13. Saya Selaku Admin SINAR-XP meminta maaf kepada anda...
    karena link exchange akan saya hapus.
    Jadi jika anda berkenan silahkan hapus aja link SINAR-XP.
    Terima Kasih...

    ReplyDelete
  14. Ane apanya yang mau dibakar om badan udah kurus xixixixixi nice share deh

    ReplyDelete
  15. wah bisa juga ya ternyata dgn klik mouse aj membakar kalori.
    thank ya infonya terutama untuk saya yang 8 jam berada didepan komputer ini.

    ReplyDelete