Cara Mudah Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah


Baharshare - Rasa cemas dan gelisah karena suatu hal memang sering kali mengganggu aktivitas yang sedang kita jalani. Dan biasanya seseorang akan mengatasi kecemasan dan rasa gelisah dengan mengonsumsi obat penenang.

Namun jika terus terusan dilakukan, maka cara tersebut tentu akan membuatmu kecanduan dan mempengaruhi kesehatan. Ternyata ada cara yang lebih alami untuk meredakan rasa cemas dan gelisah, ini dia Cara Mudah Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah, dilansir dari Besthealth:
  1. Mandi Air Hangat
    Mandi air hangat adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menyenangkan dan menenangkan indra manusia. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak, tambahkan sedikit minyak lavender atau bunga lavender kering ke bak mandi dan berendamlah agar perasaan lebih tenang.

  2. Atur Napas
    Kecemasan akan berangsur-angsur hilang hanya dengan mengatur pernapasan. Ambil napas dalam-dalam secara perlahan dalam posisi duduk, kemudian letakkan salah satu tangan di atas perut. Tariklah napas perlahan-lahan sehingga perut terasa mengembang di bawah tangan kita, tetapi usahakan agar bahu tidak naik. Lakukan hal ini berulang kali untuk hasil yang lebih maksimal.

  3. Hindari Minuman Berkafein
    Kurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh atau minuman bersoda ketika kita sedang merasa cemas. Studi menunjukkan bahwa orang dengan gejala kecemasan mungkin lebih sensitif terhadap kafein dibanding orang lain.

  4. Aerobik
    Latihan aerobik adalah pereda kecemasan yang terbaik. Cobalah untuk berjalan cepat selama 30 menit untuk memacu pelepasan endorfin, bahan kimia yang berfungsi mengatasi nyeri dan meningkatkan suasana hati

  5. Meditasi
    Meditasi dapat dilakukan dengan cara khusuk berdoa, merawat bunga atau bahkan mengamati pergerakan ikan di akuarium. Hal tersebut termasuk dalam kegiatan meditasi yang perlu dilakukan selama 15 menit beberapa kali sehari untuk mengusir kecemasan yang berlebihan.

sumber terpercaya : dreamersradio.com

0 komentar:

Post a Comment