5 Makanan Berlemak yang Bagus Untuk Kesehatan


Baharshare - Selama ini banyak orang yang menghindari untuk mengkonsumsi makanan berlemak. Tidak hanya untuk yang diet, namun yang sedang tidak diet pun menghindarinya karena memicu berbagai penyakit.

Namun seperti yang dilansir Newshealthmax.com, ada lemak yang justru bagus untuk dikonsumsi. Menurut data yang ditulis dalam Centers for Disease Control and Prevention ini adalah 5 Makanan Berlemak yang Bagus Untuk Kesehatan :

  1. Ikan
    Lemak dalam ikan sering disebut dengan lemak tak jenuh ganda atau asam lemak omega 3. Lemak sehat ini bisa ditemukan pada ikan salmon, namun juga terdapat pada ikan laut lainnya. Lemak yang sehat ini dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan menurunkan resiko nyeri pada sendi.
  2. Kacang-kacangan
    Kacang mengandung lemak nabati. Konsumsi kacang secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan menurunkan resiko diabetes tipe 2. Kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan adalah almond, mede, hazelnut, kacang tanah, pistachio, macadamia, kenari, dan lain-lain.
  3. Produk susu
    Dalam jumlah yang tepat, lemak dalam susu tidak akan memberikan bahaya pada tubuh. Mengkonsumsi susu rutin dengan jumlah yang pas akan meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat. 
  4. Minyak nabati
    Minyak zaitun dan minyak sawit mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan. Namun jangan gunakan minyak yang sama untuk menggoreng berkali-kali.  
  5. Daging merah dan daging unggas
    Daging merah (sapi, kambing, dll) atau unggas (ayam, bebek, burung dara, dll) biasanya dianggap berbahaya untuk kesehatan. Namun semua itu tergantung bagaimana mengolahnya.
Daging ayam tanpa kulit atau sapi tanpa lemak adalah jenis daging yang sehat, apalagi jika prosesnya tidak dibakar atau digoreng. Zat besi dan lemak sehat dalam daging merah dan daging unggas baik untuk kesehatan jantung dan dapat menjaga tekanan darah.

sumber terpercaya : dreamersradio.com

3 komentar: