Mendengarkan Musik Bisa Kuatkan Jantung

Baharshare - Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, aktivitas Mendengarkan Musik Bisa Kuatkan Jantung. Bahkan, musik juga bisa membantu memulihkan penyakit jantung.

Penelitian ini mengungkapkan, ketika orang Mendengarkan Musik Bisa Kuatkan Jantung mereka, endorfin yang meningkatkan kesehatan jantung dilepaskan di otak.

Para peneliti dari Universitas Nis, Serbia menemukan, musik tanpa lirik adalah jenis musik terbaik untuk didengar, karena kata-kata dapat menjengkelkan secara emosional.

Untuk melakukan studi ini, para peneliti membagi 74 ke dalam tiga kelompok. Satu kelompok dikirim ke kelas olahraga selama tiga minggu.

Kelompok kedua dikirim ke kelas olahraga, tapi juga diberitahu untuk mendengarkan musik selama setengah jam setiap hari. Sedangkan kelompok ketiga diminta untuk mendengarkan musik, tapi tidak menghadiri kelas olahraga.

Setelah tiga minggu diamati, peneliti menemukan bahwa kesehatan pasien penyakit jantung yang mendengarkan musik, meningkat secara signifikan.
Mereka menunjukkan perbaikan dalam fungsi jantung, dan kapasitas latihan mereka telah meningkat rata-rata 39 persen.

Sebaliknya, kelompok yang dieksekusi tapi tidak mendengarkan musik, fungsi jantung mereka meningkat 29 persen. Anehnya, kelompok yang mendengarkan musik tapi tidak berolahraga, juga meningkat sebesar 19 persen.

Para peneliti percaya, perbaikan dapat dilakukan dengan mendengarkan musik. Profesor Deljanin Ilic berkata, "Kombinasi dari musik dan latihan menyebabkan peningkatan bagi fungsi jantung. Perbaikan fungsi jantung dikaitkan dengan kapasitas olahraga."

Dia menambahkan, "Di samping olahraga teratur, mendengarkan musik favorit sendirian meningkatkan fungsi jantung. Karena itu, musik mungkin menjadi metode tambahan dalam rehabilitasi pasien dengan penyakit arteri koroner."
Menurut Ilic, tidak ada musik yang ideal untuk semua orang dan pasien. Yang penting, musik tersebut dapat meningkatkan emosi positif dan membuat mereka senang.

sumber terpercaya : tribunnews.com

5 komentar:

  1. Wah info bagus nih, berati bisa menyehatkan jantung hanya dengan mendengarkan musikFANTASI

    ReplyDelete
  2. wew...lagi lagi nemu info yang tidak saya ketahui (Y)
    Nice Artikel :)

    ReplyDelete
  3. baru tau tuh saya..
    terimaskiash infonya

    ReplyDelete
  4. siipp info nya gan sangat bermanfaat :D

    ReplyDelete
  5. Terapi penyakit jantung terbaru yang sangat nyaman untuk melakukannya karena semua orang suka mendengarkan musik.

    ReplyDelete