Buah Blewah yang Segar dan Kaya Khasiat

Baharshare - Blewah (Cucumis melo) adalah sejenis melon namun berbeda kelompok budidayanya. Blewah bersifat liana (tumbuhan merambat atau menggantung) seperti labu dan mentimun. Blewah banyak ditemukan di Asia Tenggara termasuk Indonesia berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang, dan bercak kehijauan. Pada bagian dalam terdapat daging buah lembut dan bertekstur serta memiliki biji dan serat.

Blewah diketahui memiliki banyak kandungan gizi mineral dan vitamin serta serat makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Blewah mengandung kadar vitamin A yang tinggi, yaitu 3382IU per 100 gram buah sehingga mampu mencukupi hingga 68% kebutuhan harian vitamin A. Kandungan vitamin C juga cukup tinggi, yaitu 36,7 mg per 100 gram buah hingga mampu mencukupi 61% kebutuhan harian vitamin C.

Blewah juga kaya akan mineral kalium sebesar 267 mg per 100 gram buah (mencukupi 8% kebutuhan harian kalium). Selain itu blewah juga mengandung nutrisi folat sebanyak 21 mcg per 100 gram buah (mencukupi 5% kebutuhan harian akan folat).

Berikut beberapa manfaat blewah bagi kesehatan tubuh Anda :

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
    Vitamin A dan C dalam blewah bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Kandungan beta-karoten juga menjadi antioksidan yang mampu mencegah berbagai penyakit.
  • Menyehatkan mata
    Karena kandungan vitamin A yang tinggi, konsumsi blewah mampu menyehatkan indera penglihatan kita.
  • Menjaga kesehatan gusi
    Karena vitamin C yang tinggi, blewah berkhasiat menjaga kesehatan mulut dan gusi.
  • Memelihara kesehatan kulit
    Vitamin A juga berguna untuk memelihara kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Sementara vitamin C bermanfaat untuk membantu sintesis kolagen.
  • Menurunkan kolesterol
    Tingginya vitamin C dalam blewah mampu menurunkan kolesterol buruk (LDL) dalam darah sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C juga bermanfaat mencegah pembekuan darah dan memperkuat dinding kapiler.
  • Membantu pencernaan
    Konsumsi blewah juga membantu pencernaan dan menjaga kesehatan saluran urin termasuk mencegah infeksi pada saluran kemih. Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin A dan serat makanan dalam blewah.
  • Menurunkan tekanan darah
    Kandungan vitamin C dan kalium pada blewah juga mampu menjaga tekanan darah.
  • Penangkal insomnia
    Sifat sedatif (obat tidur) juga dimiliki oleh buah blewah.
  • Mencegah kanker rahim
    Kurang mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seperti beta karoten, vitamin C dan asam folat dapat berisiko terkenan kanker rahim. Namun dalam buah blewah kebutuhan Anda akan 3 nutrisi tersbut sudah bisa terpenuhi.
  • Baik bagi wanita hamil dan janin
    Kandungan folat yang tinggi pada buah blewah memabntu untuk menjaga dan memproduksi sel-sel baru, yang penting bagi wanita hamil demi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.
  • Aman bagi penderita diabetes
    Blewah ternyata juga memiliki indeks glikemik rendah (GI), fruktosa dan glukosa yang terdapat pada buah blewah adalah gula alami sederhana, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes dan obesitas. Blewah juga dapat mengurangi asam urat.
sumber terpercaya : id.yahoo.com

5 komentar:

  1. agak samar2 sama ane buah blewah,,tp ane baru tau pas liat iklan mizone
    dan ternyata kasiat nya banyak yah

    comeback sob

    ReplyDelete
  2. artikel yang bermanfaat mas,,,thanks...

    ReplyDelete
  3. Nama buanya saya baru dengar mas,kayaknya benar belum pernah mengkonsumsi buah yang satu ini.

    ReplyDelete
  4. makasih om udah share informasi yang bermanfaat

    ReplyDelete
  5. ternyata banyak manfaatnya ya

    ReplyDelete