Sering Menyundul Bola Bikin Otak Lemot

Baharshare - Sebuah studi terbaru di AS menyebutkan bahwa terlalu sering menyundul bola dapat menurunkan kemampuan berpikir otak.

Tim peneliti dari Albert Einstein College of Medicine menemukan perubahan materi putih dalam otak pada orang-orang yang gemar bermain bola, terutama mereka yang sering mengontrol atau menyundul bola menggunakan kepala.

Dr Michael Lipton selaku penulis penelitian dari Albert Einstein College of Medicine menyebutkan, “ kami melihat hubungan antara menyundul bola dan perubahan di otak, dan perubahan dalam fungsi berikir dan mengingat,” seperti dikutip health.

Rata-rata dalam setiap pertandingan, pemain bola menggunakan kepalanya sebanyak 6-12 kali untuk mengontrol dan menyundul bola dengan kecepatan laju bola mencapai 50 mil per jam atau lebih.

Lebih dari 30 orang yang gemar bermain sepak bola menjadi partisipan dalam studi ini. Mereka menjalani tes magnetic resonance imaging (MRI) untuk megnetahui perubahan mikroskopis yang terjadi dalam otak akibat menyudul bola.

Dari pengamatan tersebut peneliti menemukan adanya kondisi di atas ambang batas dari otak partisipan. Lebih detil peneliti menyampaikan bahwa masing-masing partisipan rata menyundul bola sebanyak 885-1.550 dalam setahun dan telah mengalami perubahan struktur otak.

Sedangkan partisipan yang melakukan sundulan lebih dari 1.800 kali dalam setahun berpotensi mengalami penurunan fungsi kognitif otak (berpikir dan mengingat).

sumber terpercaya : id.yahoo.com

8 komentar:

  1. wah bahaya ne keseringan nyundul bola, artikel yang sangat bemanfaat.

    ReplyDelete
  2. untung gue gak suka menyundul bola :P
    gue cuma nyundul gawang doang :D

    ReplyDelete
  3. kl di pikir" ada benarnya jg.. krna kl gk biasa kepala udh puyeng..

    ReplyDelete
  4. Waduh bahaya juga kasian atlet sepak bola dong...

    ReplyDelete
  5. waduh waduh, padahal kalo maen bola seru nya itu maen sundul-sundullan nih, mantab gan bisa dijadiin referensi nih :)

    komen balik ya juragan, makasih :)

    ReplyDelete
  6. untung sekarang ane seringnya maen futsal gan, jadi kagak ada sundul-sundullan, hehe :)

    komen balik ya juragan, makasih :)

    ReplyDelete
  7. untung gue gak suka menyundul bola :P
    gue cuma nyundul gawang doang :D

    ReplyDelete