Saksikan Bulan Purnama Raksasa Pekan ini

Baharshare - Peneliti mengatakan bahwa supermoon (bulan super) akan muncul pekan ini, tepatnya pada Minggu (23/6) pukul 07.30 a.m (EDT) di Amerika Utara. Kabarnya, bulan purnama ini akan berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi.

Dilansir Skyandtelescope, Jumat (21/6/2013), julukan supermoon ini awalnya dipelopori oleh ahli astrologi Richard Nolle untuk menggambarkan Bulan penuh (purnama) di jarak terdekatnya dengan Bumi. Bulan ini lebih dekat dengan Bumi 25 ribu mil atau sekira 50 ribu kilometer lebih dekat dari apogee (titik terjauh).

Dengan jarak tersebut, peneliti mengungkapkan bahwa posisi Bulan dengan Bumi lebih dekat 10 persen dari biasanya. Rata-rata jarak Bumi dengan Bulan ialah 240 ribu mil.

Bila dilihat melalui mata telanjang, Bulan ini akan tampak berbeda dari bulan di malam-malam yang lain. Bulan yang tampak lebih besar dari biasanya ini kabarnya muncul beberapa kali dalam setahun.

Selama beberapa hari ke depan, bulan ini akan terlihat lebih besar 7 persen dari bulan purnama biasa. Konon, penampakkan bulan ini akan membawa pasang surut terbesar di 2013, karena bulan akan lebih dekat sehingga memberikan gaya tarik gravitasi yang kuat.

Beberapa waktu lalu, peneliti di Curtin University mengklaim telah menemukan ratusan kawah baru di bulan. Menggunakan teknik kombinasi gravitasi dan pemodelan medan bulan, peneliti dari Australia mengidentifikasi 280 kawah baru.

Tim menemukan 280 kawah bulan yang belum pernah dipetakan sebelumnya. Sekira 66 dari kawah tersebut dikategorikan sebagai kawah yang benar-benar jelas terlihat dan memiliki perspektif topografi.

sumber terpercaya : techno.okezone.com

5 komentar:

  1. wew, sudah menyaksikan bang,, kerenn..


    :D Kunjungan Rutin, Saya Tunggu Kunjungan Baliknya.,..

    ReplyDelete
  2. dibali kelihatan gak ya..
    visit me back ya..

    ReplyDelete
  3. Kalau udah deket bulan purnama nya, sms ane yaa gan hehe

    ReplyDelete
  4. terima kasih gan artikelnya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  5. wah info yang sangat bermanfaaat gan....
    thanks for sharing :)

    ReplyDelete