Risiko Buruk Langsung Tidur Setelah Makan

Baharshare - Selamat pagi sahabat blogger Baharshare, kali ini saya akan membagikan artikel tentang kesehatan yaitu Risiko Buruk Langsung Tidur Setelah Makan.

Langsung tidur setelah makan dapat menyebabkan tubuh bekerja keras untuk mencerna makanan terakhir yang masuk keperut, dan hal ini bisa menyebabkan masalah. Mulai dari gangguan pencernaan hingga resiko stroke.

Dilansir dari Livestrong, berikut beberapa bahaya yang  terjadi jika langsung tidur setelah makan:

1. Berat badan naik
Untuk menurunkan berat badan, kamu harus membakar kalori lebih banyak dari kalori yang masukke tubuh. Makan larut malam sangat berbahaya karena bisa membuat tubuh menumpuk lemak lebih banyak. Jika kamu lapar tengah makan, sebaiknya cobalah mengisi perut dengan makanan sehat seperti salad dan buah, bukan makanan tinggi kalori seperti kue atau pizza.

2. Rasa panas di dada
Berbaring setelah makan mungkin akan membuat merasa baik pada awalnya. Tapi sementara tubuh beristirahat, sistem pencernaan akan bekerja keras. Langsung tidur setelah makan bisa memicu sakit maag, yang disebabkan oleh kelebihan asam lambung sehingga menimbulkan rasa panas yang menyebar naik dari perut ke dada dan kadang sampai tenggorokan.

3. Refluks asam
Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau refluks asam terjadi karena katup antara perut dan kerongkongan tidak menutup sepanjang jalan. Hal ini memungkinkan asam lambung untuk kembali ke tenggorokan, yang menyebabkan sensasi terbakar. Berbaring ke sisi kanan setelah makan dapat memperburuk kondisi ini.

4. Stroke
Langsung tidur setelah makan juga dapat meningkatkan peluang untuk mengalami stroke, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Ioannina Medical School di Yunani. Penelitian yang difokuskan pada 500 orang sehat, menemukan bahwa orang yang menunggu paling lama antara makan dan tidur berada di risiko terendah mengalami stroke.

Teori pertama menyebutkan hal ini terjadi karena refluks asam lebih mungkin menyebabkan apnea tidur, yaitu henti napas saat tidur yang dapat meningkatkan risiko stroke. Teori lain menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena sistem pencernaan bekerja keras sehingga dampaknya meningkatkan tekanan darah, kadar gula darah dan mungkin juga mempengaruhi kolesterol yang meningkatkan peluang stroke. Namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini.

sumber terpecaya : id.yahoo.com

13 komentar:

  1. pantes ajah kaka gua nglarang trus , nice post gan

    ReplyDelete
  2. huahahaha :D makasih banyaaaakk gaan :) kaalau bsa mnaikan brat bdan ane mau ahh

    ReplyDelete
  3. wew bisa mengakibatkan stroke juga ya ..
    tapi kebanyakan orang sudah biasa dengan hal tersebut, tapi mereka belum mengalami apapun, tapi hanya mengalami tambah berat badan

    ReplyDelete
  4. wah ane pernah gitu :P
    harus waspada

    comeback

    ReplyDelete
  5. Thanks gan.
    Nambah pengetahuan nie.

    Salam blogger

    ReplyDelete
  6. wah artikel yang sangat bermanfaat gan..menambah wawasan :)

    ReplyDelete
  7. biarkan makananya turun dulu

    comeback

    ReplyDelete
  8. Info yang bagus gan...

    ditunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  9. wah padahal saya suka makan langsung tidur soalnya kl g gt g bs tidur

    ReplyDelete
  10. tulisanya menarik gan thanks for sharing

    ReplyDelete
  11. Wah, baru tau saya sob ternyata banyak sekali dampak buruknya ya -_-

    ReplyDelete
  12. wah....gue slalu tidur sudah makan bang..bahaya juga yah
    polbek blog gue yee bang...gue sdh follow atas nama "jiwa mati"


    komen n follow back yeee

    ReplyDelete
  13. Ternyata sangat beresiko juga ya kalau sesudah makan langsung tidur.

    ReplyDelete