5.109 Sekolah Batal Ujian Nasional Hari Ini


Selamat pagi sahabat blogger Baharshare. Wah ternyata hari ini kakak-kakak kelas 3 SMA , SMK dan MA  sedang melaksanakan UN , eits tapi ada juga yang belum melaksanakan UN atau bisa di bilang di undur.
Nah ini dia alasan kenapa UN di 5.109 Sekolah Batal Ujian Nasional Hari ini.


Pelaksanaan ujian nasional untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Kejuruan di 11 provinsi diundur menjadi Kamis, 18 April 2013.

»Penyebabnya, satu dari enam perusahaan pencetak soal ujian nasional, yakni PT Ghalia Indonesia Printing, belum selesai pekerjaannya,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh di kantornya, kemarin.

Seharusnya ujian nasional diselenggarakan serentak hari ini. Sebelas provinsi yang terkena penundaan itu adalah Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Di daerah ini terdapat 3.601 SMA/MA dan 1.508 SMK.

Akibat pergeseran ini, jadwal mata pelajaran yang diujikan juga berubah. Begitu pula dengan ujian susulan yang tadinya digelar 22 April, diundur menjadi 29 April 2013. »Kami meminta maaf atas kesalahan teknis ini,” ujar Nuh. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, lanjut Nuh, memerintahkan agar dilakukan investigasi atas keterlambatan ini.

Direktur PT Ghalia Indonesia Printing, Hamzah Lukman mengaku salah perhitungan. »Kalau mencetak saja sudah selesai,” katanya. Ternyata, lanjut dia, perusahaan juga harus memasukkan soal itu ke dalam kotak yang akan didistribusikan ke rayon di setiap provinsi.

Karena setiap provinsi punya jenis soal dan jumlah peserta yang berbeda, perusahaan kesulitan memilah soal dan menghitung jumlahnya. Selain itu, lanjut Hamzah, perusahaan pernah meminta kelonggaran waktu pengerjaan selama 60 hari, namun kementerian hanya memberi 25 hari.

Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang mengimbau agar siswa memanfaatkan penundaan ujian nasional untuk memantapkan penguasaan pelajaran. »Jangan sampai mengganggu semangat belajar,” katanya.

Yanti, 16 tahun, siswa SMAN 9 Kendari, Sulawesi Tenggara menilai penyelenggara ujian nasional tidak serius. »Mereka pasti tahu kalau ujian nasional itu dilaksanakan setiap April,” ujarnya. Jeje (17), siswa SMAN 6 Puwatu, Kendari khawatir penundaan ujian nasional ini membuat pengumuman kelulusan molor dan berimbas pada seleksi masuk perguruan tinggi.

sumber terpecaya : yahoo.com

18 komentar:

  1. waah, bsa kayak gitu yaa :3
    sama ajah klo soal gg bocor jd hsil ttap sama ajah :v

    ReplyDelete
  2. Sekolah ane , udah selesai un hari ini,bner2 gk sama soalnya

    ReplyDelete
  3. ebuseh diundur, brarti kalo yg udah ulangan itu tinggal minta jawaban aja ya sama yg belum UN xD

    ReplyDelete
  4. Yang lagi UN tetap semangat ya...!!
    terus yg gagal UN hari ini masih ada hari esok

    #Koment back ditunggu http://mas-acep.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. WAH KASIAN YA Yng batal ujianya ,, hadeh

    ReplyDelete
  6. ada sisi positifnya juga sih mas , bisa belajar lbih dri yg lain tuh :)

    ReplyDelete
  7. wah kasian amat ya, ane aja udah nglaksain UN tadi pagi gan

    ReplyDelete
  8. Wah malah kasian yang UNAS'a ditunda gan cz TEKANAN MENTAL mereka lebih tinggi bisa dianalogikan kayak Kita sedang Puasa, tapi Sekitar kita makan SATE

    ReplyDelete
  9. wah memang pemerintah itu kurang persiapan tapi kalu masalah uang selalu sedia

    ReplyDelete
  10. kasian banget ya teman² kita yang tak ikut ujian nasional.

    Bagaimana ini ...

    ReplyDelete
  11. wahh bnyak juga ya sklh yg diundur..
    ini jadi Pr buat pemerintah kita tentang masalah ini..

    ReplyDelete
  12. semoga tahunnya ane gak ada UN :D haha

    ReplyDelete
  13. untung ane masih kelas 2 smp :D

    ReplyDelete
  14. wah kasian ya sekolah yang gak ujian ane doa in aja supaya lulus :)

    ReplyDelete
  15. Sudah lewat semua ujian dari SD-SMAM :D KALAU TK KAPAN YACH :D hehehe

    ReplyDelete